Project Penguatan Profil Pancasila dan Budaya Kerja

 

SMK Inspirasi Muhammadiyah Parung -  Melaksanakan Kegiatan Project Penguatan Profil Pancasila dan Budaya Kerja pada Senin, 11 Oktober 2021. Kegiatan ini disampaikan langsung oleh H. Liwaul Hamdi, S.Pd.I. selaku Kepala SMK Inspirasi Muhammadiyah Parung dengan Judul “Building The Dream" yang diikuti oleh 175 orang siswa Pelajar SMK Inspirasi Muhammadiyah Parung dengan dibagi menjadi 2 sesi.

Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya membentuk profil pelajar pancasila dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi global dan memiliki nilai-nilai Pancasila.  Terdapat 6 karakter yang perlu diaplikasikan yakni :

1.    Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

2.    Mandiri

3.    Bernalar kritis

4.    Berkebinekaan global

5.    Gotong royong

6.    Kreatif

Penjelasan lebih rinci dalam bentuk infografis mengenai 6 karakter ini dapat  disimak di video Animasi Profil Pelajar Pancasila  dan materi paparan dari Kepala Pusat Penguatan Karakter, Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D dapat diakses di sini

Selain itu, Puspeka juga telah membuat beragam bentuk kampanye penguatan karakter ini melalui berbagai media sosial yang sangat menarik dan bergaya milenial sehingga mudah untuk dipahami pelajar. Berikut media sosial berikut tautan selengkapnya:

1.    Youtube dan facebook Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI

2.    Instagram @cerdasberkarakter.kemdikbudri

3.    cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id 


SMK Inspirasi Muhammadiyah Parung

Author & Editor

Menciptakan SDM yang Religius, Terampil, Handal, Berdaya Saing dan Siap Kerja